Fire Water System

LPG adalah zat yang sangat mudah terbakar, untuk mencegah dan mengatasi kebakaran yang disebabkan LPG, maka oleh karena itu harus terdapat fire water system. Fire water sistem adalah sistem pemadam api menggunakan media air. Fire water system tersebut harus memenuhi standart yang telah ditentukan oleh badan yang berwenang.

Di Terminal LPG Semarang terdapat fire water sistem sejak dari jetty head, tangki timbun sampai ke filling shed. Dalam sistem ini terdapat beberapa peralatan antara lain:

· Fire pump yaitu peralatan yang akan menghisap air dari water pond dan memompakanya menuju titik nyala api. Terdapat 4 buah pompa yang digerakan oleh diesel engine. Dipergunakan untuk mendinginkan tanki bila suhu luar berada dibatas amannya. Pompa pendinginan akan menyala dan mengalirkan air dari kolam penampungan air menuju ke water sprinkle. Terdapat 4 buah pompa, dimana untuk 1 buah tanki LPG membutuhkan waktu 4 jam dengan kapasitas pompa 3000 L/menit dan tekanan 7 Bar. Pompa ini disetting automatic, yaitu akan menyala jika tekanan air dalam pipa yang sudah ditentukan turun.

· Water pond yaitu kolam penampung air yang mampu menampung 5.918 liter dengan ketinggian 2.3 meter dari dasar water pond.

· Water sprinkle yaitu pipa berlubang yang mengelilingi tangki timbun. Lubang-lubang dalam pipa tersebut akan memancarkan air dan menyelimuti tangki apabila pompa running. Selain sebagai pemadam api bagi tangki, water sprinkle juga berfungsi sebagai pendingin tangki apabila temperatur LPG dalam tangki melebihi batas yang sudah ditentukan.

 

Last Updated (Thursday, 28 April 2011 14:54)